Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Informasi Produk atau Kegiatan Anda

Templete Artikel untuk Prosiding Seminar Nasional Bio-Edu 2

Written By Rizki on 07 Februari 2017 | 10.53

Prosiding Semnas Bio-Edu memuat naskah ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan. Artikel dapat berupa hasil penelitian mutakhir, komunikasi singkat, dan artikel ulas balik (review). Naskah artikel yang diterima adalah naskah yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi pada berkala ilmiah nasional maupun internasional lainnya, milik sendiri penulis (tidak plagiat). Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Setiap naskah yang masuk dalam prosiding Semnas Bio-Edu telah diseminarkan dan ditelaah oleh Dewan Editor. Dewan editor berhak meminta penulis untuk memperbaikinya sebelum naskah dikirimkan kepada mitra bebestari (peer reviewer). Setiap naskah ditelaah oleh sekurang-kurangnya 2 orang mitra bestari yang identitasnya akan dirahasiakan.

FORMAT NASKAH
  1. Naskah diketik dengan jenis huruf Times New Roman 12 pt, 1,5 spasi dengan pengaturan paragraf rata kiri kanan (kecuali judul dan author (s) data, menggunakan pengaturan paragraf rata tengah) pada kertas berukuran A4. Batas tepi (margin) untuk bagian atas, kanan, bawah 3 cm dan batas tepi untuk bagian kiri 4 cm.
  2. Nomor halaman ditempatkan pada bagian bawah kanan.
  3. Sub judul ditulis dengan huruf kapital, rata kiri dengan penomoran kapital Alfabeth.
  4. Menggunakan nomor baris. Pada perangkat lunak Microsoft Word, untuk menyertakan nomor baris, pilih menu”Page Layout”, klik ”Line Numbers”, lalu pilih “Continous”.
  5. Tabel harus jelas, judul tabel ditulis dengan huruf kapital pada setiap awal kata. Penomoran tabel harus berurutan. Teks dan angka tabel menggunakan huruf Times New Roman 9 pt.
  6. Gambar harus jelas. Ukuran gambar paling besar 9x9 cm. Keterangan gambar menggunakan huruf Times New Roman 9 pt. 
  7. Grafik dibuat dan bisa diedit dengan MicrosoftWord. Dengan kriteria ukuran grafik dan huruf sama dengan point 5

STRUKTUR ARTIKEL
  1. JUDUL dalam bahasa Inggris dan bahasa indonesia
  2. AUTHOR (S) FULL NAME
  3. AUTHOUR (S) FULL ADDRESS
  4. DATA CORRESPONDENCE AUTHORS: PHONE, FAX, and E-MAIL
  5. ABSTRAK (termasuk kata kunci) dalam bahasa Inggris dan bahasa indonesia.
  6. PENDAHULUAN
  7. BAHAN DAN METODE
  8. HASIL
  9. PEMBAHASAN
  10. SIMPULAN
  11. UCAPAN TERIMAKASIH (kalau ada)
  12. DAFTAR PUSTAKA
  13. DAFTAR TABEL (beserta judul tabel)
  14. DAFTAR GAMBAR (beserta judul gambar)


URAIAN STRUKTUR PENULISAN ARTIKEL

JUDUL

Judul harus padat (tanpa singkatan) dan tidak lebih 16 kata, diketik dengan huruf besar pada setiap awal kata dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa Indonesia. Ditulis dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Nama latin dan istilah asing lainnya diketik dengan cetak miring. Penulisan judul menggunakan pengaturan paragraf rata tengah.

Author’s Data. 

Author nama lengkap tanpa gelar dan status (mahasiswa, pengajar, penulis dll) dan alamat lengkap (lengkap dengan kode pos). Contoh: Evrialiani Rosba, Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP PGRI Sumatera Barat, Jl.Gunung Pangilun, Kota Padang Sumatera Barat (25137) Indonesia. Penulis korespondensi di beri nomor sesuai urutan setelah nama penulis dan dilengkapi dengan nomor telpon/fax dan alamat E-mail. Penulisan Author’s Data menggunakan pengaturan paragraf rata tengah.

ABSTRAK. 

Ditulis dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia). Panjang abstrak tidak lebih 300 kata dituangkan dalam satu paragraf. Abstrak harus informatif dan berisi secara singkat tujuan penelitian, metode khusus (bila ada), hasil utama dan kesimpulan utama. 

KATA KUNCI

Maksimum 5 kata, diurutkan dari A sampai Z dan ditulis dengan aturan lowercase (huruf kecil).

PENDAHULUAN

Pendahuluan ditulis tanpa didahului oleh angka atau huruf. Pendahuluan berisikan latar belakang, masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Tujuan dan manfaat penelitian dicantumkan dalam paragraf terakhir. Latar belakang harus merujuk kepada referensi yang telah dipublikasikan 10 tahun terakhir. Jumlah maksimum kata dalam pendahuluan adalah 3000 kata. Pustaka dalam naskah ditulis dalam sistem "nama dan tahun"; dan diatur dari yang terlama ke terbaru dan dari A ke Z. Dalam mengutip sebuah artikel yang ditulis oleh satu orang penulis, ditulis nama keluarga dikuti oleh tahun. Untuk dua penulis, keduanya harus disebutkan, antara nama pertama dan nama kedua digunakan kata dan, untuk tiga atau lebih penulis, hanya nama akhir (keluarga) penulis pertama yang disebutkan, diikuti dengan dkk. (tidak italic), misalnya: Saharjo dan Nurhayati (2006) atau (Boonkerd, 2003a, b, c; Sugiyarto, 2004; El-Bana dan Nijs, 2005; Balagadde dkk., 2008; Webb dkk., 2008). Kutipan bertingkat seperti yang ditunjukkan dengan kata "cit." atau “dalam” harus dihindari. 

BAHAN DAN METODE

Bahan dan Metode harus menekankan pada prosedur dan analisis data. Untuk studi lapangan, lebih baik jika studi area, disertakan peta lokasi penelitian. Nomor dan Judul gambar di ketik dengan font times new roman 9 pt. Lebar gambar maksimal 8x8 cm. Judul gambar (di bawah gambar) di beri nomor sesuai urutan pengacuan di dalam teks dan diawali dengan huruf kapital kecuali untuk hal-hal dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa indonesia atau latin. Format gambar dalam terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan). Cara kerja, menekankan pada cara penggunaan alat untuk mendapatkan data. Metode kerja atau modifikasi metode di jelaskan prinsipnya disertai dengan authour dan tahun. Satuan yang digunakan dalam pengukuran menggunakan Internasional Standard Unit (g, kg, L, cm). Alat dan bahan yang digunakan tidak ditulis terpisah tetapi penggunaannya di jelaskan dalam metode kerja. Analisis data, cantumkan teknik analisis data sesuai dengan acuan.dan jika pengolahan data memodifikasi teknik yang telah ada dicantumkan nama author dan tahun.

HASIL 

Hasil dan pembahasan harus ditulis terpisah. Semua data yang diberikan dalam hasil harus dinyatakan dalam tabel dan gambar. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar sekaligus, harus dipilih salah satu. Jika di tampilkan dalam bentuk tabel dengan aturan judul tabel diletakkan di atas tabel di beri nomor urutan pengacuan didalam teks dan diawali dengan huruf kapital kecuali untuk hal-hal yang diatur sesuai kaidah bahasa indonesia atau bahasa latin. Isi tabel dan judul tabel diketik dengan huruf times new roman 9 pt. Format tabel dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan). Jika ada yang perlu dijelaskan dari dalam tabel diberi indeks (*) dan dijelaskan di bawah tabel dengan diawali dengan kata catatan dengan huruf Times New Roman 7pt. Isi tabel yang berkaitan dengan nama hewan atau tumbuhan dicantumkan local name dan scientific name. 

PEMBAHASAN

Pembahasan merupakan penjelasan tentang kenapa dan bagaimana hasil penelitian. Pembahasan tidak mengulangi kembali peryataan yang ditulis dalam hasil. Gunakan tinjaun pustaka untuk memperkuat/mendukung ide atau gagasan.

SIMPULAN 

Tuliskan simpulan dalam beberapa kalimat dengan tidak menggulangi kalimat-kalimat yang dicantumkan pada pernyataan hasil. Simpulan juga berisi rekomendasi hasil penelitian untuk penelitian lanjutan. Simpulan adalah jawaban dari tujuan penelitian dan rekomendasi adalah aplikasinya dari kegunaan. 

Ucapan terima kasih. 

Ucapan Terima Kasih disajikan secara singkat; semua sumber penyanda dana penelitian dan personal dan kontribusinya di dalam penelitian.

DAFTAR PUSTAKA. 

Daftar Pustaka ditulis secara alfabet. Penulisan dimulai dengan nama, tahun. Laporan penelitian skripsi, tesis, disertasi, termasuk observasi yang tidak dipublikasikan tidak bisa dirujuk sebagai acuan. spasi 1 rangkap.

Contoh daftar pustaka

Artikel Berkala ilmiah

Author AB, Author CD, Author EF.2012.Title of article. Journal 60:65-85. Contoh: Bao JS, Xia YW.
1999. Genetic Control of the Paste Viscosity Characteristics in Indica Rice (Oryza Sativa L). Theor Appl Genet 98:1120-1124. http://dx.doi.org/10.1007/ s001220051175
Buku dengan Pengarang

Author GH, Author IJ. 2015. Title of Book. City of publication: Publisher’s name. Contoh: Hajek
AE. 2004. Natural Enemies An Introduction to Biological Control. New York :
Cambridge University Press

GAMBAR 

Lebar gambar maksimal 9x9 cm. Nomor dan judul di ketik dengan jenis huruf Times New Roman 9 pt. Judul gambar (di bawah gambar) di beri nomor sesuai urutan pengacuan di dalam teks dan di awali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku. Format gambar dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan).

TABEL

Memberikan standar deviasi pada setiap nilai tengah. Judul tabel (di atas tabel) di beri nomor sesuai urutan pengacuan di dalam teks dan di awali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku. Isi tabel dan Judul tabel di ketik dengan jenis huruf Times New Roman 9 pt. Format tabel dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan).
loading...

Informasi

loading...

Arsip Berita