Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Informasi Produk atau Kegiatan Anda

Bakti Sosial AMAG (Anak Mangrove) HIMA Bio STKIP PGRI Sumatera Barat

Written By Rizki on 29 Juli 2016 | 14.53


Padang - Sebanyak 400 bibit tumbuhan mangrove Rhizophora apiculata Blume. telah ditanam dalam kegiatan bakti sosial Himpunan Mahasiswa Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat pada hari Minggu (17/4/2016) pada Hutan Mangrove di Kenagarian Gasan Gadang Kabupaten Padang Pariaman.

Penanaman tumbuhan mangrove ini adalah salah satu bentuk perhatian mahasiswa biologi terhadap masalah lingkungan hidup terutama untuk mempertahankan keberadaan hutan mangrove untuk masa yang akan datang. Hutan mangrove memiliki peran ekologi untuk melindungi pantai dari gelombang laut, angin ribut, penahan abrasi pantai serta sebagai persembunyian dan perkembangbiakan ikan, kerang, kepiting bakau, burung, dan berbagai jenis hewan lainnya. Selain itu juga berfungsi sebagai penghasil O2 dan penyerap CO2 5 kali lebih besar dari pada tumbuhan lain. Mengingat kepentingan yang besar dari hutan mangrove ini sebagai sebuah ekosistem, maka hutan mangrove perlu dijaga keberadaannya.


Kegiatan penanaman tumbuhan mangrove ini melibatkan mahasiswa biologi dari BP. 2012 hingga BP. 2015 yang terlaksana melalui Program kerja dari Departemen Sosial HIMA Biologi yang bekerja sama dengan Bapak Muslim selaku Ketua Kelompok Mangrove Gasan Lestari serta didukung penuh oleh pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat.

Bapak Jarudin M.A, Ph.D selaku wakil ketua II bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama STKIP PGRI Sumatera Barat menyatakan kekagumannya terhadap mahasiswa biologi dan memberikan support atas kegiatan ini karena merupakan langkah positif dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu Ibu Rina Widiana, M.Si selaku Ketua Prodi Pendidikan Biologi juga memberikan dukungan dan rasa bangga kepada mahasiswa biologi dengan harapan kegiatan positif ini dapat berlanjut untuk masa yang akan datang.

Sementara itu Bapak Rizki, S.Si, M.P selaku Pembina HIMA Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat juga menyatakan harapannya semoga bakti sosial ini tetap terus dilakukan bahkan dalam lingkup yang lebih besar dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan yang akhirnya dapat menciptakan lingkungan hijau yang berdaya guna. -(Tiwi)

Foto-Foto lainnya silahkan klik link di bawah ini
http://gallery.rizkibio.com/2016/08/penanaman-mangrove-di-gasan-pariaman.html

loading...

Informasi

loading...

Arsip Berita